Mengapa Penangkal Petir Penting untuk Pabrik atau Tempat Usaha

Penangkal Petir (revolusipetir.com) Mengapa Penangkal Petir Penting untuk Pabrik atau Tempat Usaha

Mengapa Penangkal Petir Penting untuk Pabrik atau Tempat Usaha

Petir adalah fenomena alam yang kapan saja dan dimana saja bisa terjadi, selin berdampak positif petir juga berdampak negatif dan cenderung berbahaya bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi, untuk meminimalisir resiko yang ditimbulkan oleh sambaran petir manusia bertahun tahun lalu telah mempelajari sifat petir dan cara menghindar dari sambaran petir. Bahkan sampai dengan saat ini Pemerintah dengan Undang undangnya juga mengatur bagaimana instalasi penangkal petir atau penyalur petir yang baik.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor Per. 02/Men/1989 Tahun 1989 tentang Pengawasan Instalasi Penyalur Petir ("Permenaker 02/Men/1989") yang hingga kini peraturan tersebut tidak ada perubahan dan masih digunakan sebagai acuan dalam pemasangan penangkal petir. Penangkal petir atau yang dalam Permenaker 02/Men/1989 disebut sebagai penyalur petir ini dipasang dengan perlengkapan lainnya dalam satu kesatuan untuk menangkap muatan petir dan menyalurkannya ke bumi.

Instalasi penyalur petir ialah seluruh susunan penyalur petir terdiri atas penerima (Air Terminal/Batang Penangkal Petir), Penghantar Penurunan (Down Conductor), Elektroda Bumi (Earth Electrode) termasuk perlengkapan lainnya yang merupakan satu kesatuan berfungsi untuk menangkap muatan petir dan menyalurkannya ke bumi.

Bangunan pabrik atau tempat diselenggarakannya usaha memiliki tinggi 18 meter. Untuk bangunan yang memiliki tinggi di bawah 25 meter seperti ini, maka ketentuan instalasi/pemasangan penyalur petirnya adalah sebagai berikut :

"Pada bangunan yang tingginya kurang dari 25 meter dan mempunyai bagian-bagian yang menonjol ke samping harus dipasang beberapa penghantar penurunan."

Jadi yang wajib dipasang pada bangunan pabrik tersebut adalah penghantar penurunan. Meski istilahnya bukan penangkal petir seperti yang Anda sebut, namun penghantar penurunan ini merupakan bagian dari penyalur petir sebagaimana sebutkan di atas, Penghantar penurunan ialah penghantar yang menghubungkan penerima dengan elektroda bumi.

 

Yang diatur oleh Peraturan Menteri ini adalah Instalasi Penyalur Petir non radioaktif di tempat kerja. Terkait pabrik, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam instalasi/pemasangan penyalur petir antara lain:

  1.    Tempat kerja yang yang perlu dipasang instalasi penyalur petir antara lain bangunan dimana disimpan, diolah atau digunakan bahan yang mudah meledak atau terbakar seperti pabrik-pabrik amunisi, gudang penyimpanan bahan peledak dan lain-lain.
  2.    Pemasangan instalasi penyalur petir pada cerobong asap pabrik dan lain-lain yang mempunyai ketinggian lebih dari 10 meter harus memperhatikan keadaan seperti :
  3.    Timbulnya karat akibat adanya gas atau asap terutama untuk bagian atas dari instalasi.
  4.    Banyaknya penghantar penurunan petir.
  5.    Kekuatan gaya mekanik.
  6.    Akibat kesukaran yang timbul pada pemeriksaan dan pemeliharaan, pelaksanaan pemasangan dari instalasi penyalur petir dada cerobong asap pabrik dan lain-lainnya harus diperhitungkan juga terhadap korosi dan elektrolisa yang mungkin terjadi.

 

Berdasarkan uraian di atas, pemasangan/instalasi penyalur petir ini tidak hanya didasarkan pada tinggi bangunan saja, tetapi juga apa yang disimpan dalam bangunan tersebut.

Pengurus orang atau badan hukum yang bertanggung jawab penuh terhadap tempat kerja atau bagiannya yang berdiri sendiri. Instalasi penyalur petir ini wajib diperiksa dan diuji oleh pegawai pengawas, ahli keselamatan kerja atau jasa inspeksi yang ditunjuk dan pengurus atau pemilik instalasi penyalur petir inilah berkewajiban membantu pelaksanaan pemeriksaan itu.

Selain itu, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam instalasi penyalur petir. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perhatikan kembali Lampiran Permenaker 02/Men/1989 dan konsultasikan juga dengan pegawai pengawas, ahli keselamatan kerja dan atau jasa inspeksi yang ditunjuk. Dari perhitungan itu juga dapat diperkirakan seberapa besar perkiraan bahayanya.

 


Lainnya

Pengertian Petir

Petir merupakan fenomena alam yang sangat indah, akan tetapi juga merupakan ancaman bagi mahluk hidup yang ada di bumi. Dengan temperatur sambaran melebihi panas permukaan matahari dan kekuatan benturan yang menyebar ke segala arah. Terjadinya petir biasanya mengikuti peristiwa hujan baik air…

7 Sambaran Petir Mengerikan Di Indonesia

INDONESIA NEGERI PETIR Indonesia Negeri yang kaya petir, bulan Maret 2017, jika ditotal Indonesia mengalami ratusan ribu petir. Di Jawa Barat dan DKI Jakarta saja, total kejadian petir mencapai lebih dari 60.000. Bulan Februari 2017. Kejadian petir di…

Eksternal dan Internal Proteksi Penangkal Petir

revolusipetir.com Dalam Perlindungan penangkal petir atau sebutan penyalur petir terdapat dua sistem yang sangat erat berkaitan satu sama lainnya, yang pertama adalah penangkal petir eksternal yaitu instalasi penangkal petir yang sering kita jumpai di atas bangunan berupa batangan…

Penangkal Petir

Penangkal petir adalah rangkaian jalur yang difungsikan sebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi dengan tujuan menetralisasi arus listrik pada petir tersebut, tanpa merusak benda-benda yang dilewatinya.  Ada 3 bagian utama pada penangkal petir: Batang Penangkal Petir Kabel…